PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi UU No. 13/1992 yang menegaskan bahwa investor swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Pada tanggal 14 Agustus 2008 PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan pemisahan Divisi Jabotabek menjadi PT Kereta Api Commuter Jabotabek (KCJ) untuk mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta dan sekitarnya. selama tahun 2008 jumlah penumpang melebihi 197 juta.[1]
Pemberlakuan UU Perkeretaapian No. 23/2007 secara hukum mengakhiri monopoli PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mengoperasikan kereta api di Indonesia.[2]
Pada tanggal 28 September 2011, bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya yang ke-66, KAI meluncurkan logo baru.
Sejarah
Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan perusahaan kereta api yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari Jepang.Pada tanggal 28 September 1945, pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya menegaskan bahwa mulai hari itu kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia sehingga Jepang sudah tidak berhak untuk mencampuri urusan perkeretaapian di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya tanggal 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI).
Nama DKARI kemudian diubah menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Nama itu diubah lagi menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) pada tanggal 15 September 1971. Pada tanggal 2 Januari 1991, nama PJKA secara resmi diubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) dan semenjak tanggal 1 Juni 1999 diubah menjadi PT Kereta Api Indonesia (Persero) sampai sekarang.
Arti Logo baru PT Kereta Api Indonesia
- 3 Garis melengkung melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya
- 2 Garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.
- 1 Garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. (Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.)
Layanan
Jadwal keretaPT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan layanan kereta api penumpang dan barang. Hampir semua jalur yang beroperasi memiliki layanan angkutan kereta api penumpang yang dijalankan secara teratur.
Kelas Argo
![]() |
Kereta Go Green yang sering dipakai Argo Bromo Anggrek sekarang. |
Rangkaian kereta api jenis ini mulai diluncurkan pada tanggal 31 Juli 1995 untuk memperingati 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada awalnya hanya dua kereta api yang dioperasikan, yaitu Argo Bromo yang melayani rute Gambir–Surabaya Pasar Turi dan Argo Gede yang melayani rute Gambir–Bandung. Saat ini, kereta api Argo Bromo telah digantikan dengan Argo Bromo Anggrek dan KA Argo Gede juga telah diberhentikan pengoprasiannya.
Kereta api kelas Argo lainnya adalah:
- Kereta api Argo Bromo Anggrek yang melayani rute Gambir–Pasar Turi.
- Argo Muria yang melayani rute Gambir–Semarang.
- Argo Lawu yang melayani rute Gambir-Yogyakarta–Solo Balapan.
- Argo Wilis yang melayani rute Bandung–Surabaya Gubeng.
- New Argo Jati yang melayani rute Gambir–Cirebon.
- Argo Dwipangga yang melayani rute Gambir-Yogyakarta–Solo Balapan.
- Argo Sindoro yang melayani rute Gambir–Semarang Tawang
Kelas Satwa
Kelas Satwa adalah Kereta sekelas Argo tetapi bukan argo seperti Kereta di bawah ini
![]() |
Kereta kelas Eksekutif tipe Pesawat yang di gunakan Argo Jati, Gajayana,dan Turangga. |
- Sembrani yang melayani rute Pasar Turi-Gambir.
- Gajayana yang melayani rute Malang-Gambir.
- Bangunkarta yang melayani rute Pasar Senen-Jombang.
- Taksaka yang melayani rute Yogyakarta-Gambir
- Bima yang melayani rute Gubeng-Gambir.
- Turangga yang melayani rute Gubeng-Bandung
Bagian dalam gerbong kereta eksekutif Pesawat buatan INKA. |
Kelas Eksekutif Bisnis
Kelas Publik adalah kelas layanan kedua tertinggi, dengan kereta penumpang kelas eksekutif (52 penumpang) dan bisnis (64 penumpang). Layanan kelas publik diberikan pada jalur-jalur berikut ini:Bagian dalam gerbong kereta bisnis Fajar Utama YK |
- Cirebon Ekspres yang melayani rute Tegal-Cirebon-Gambir
- Sancaka yang melayani rute Surabaya Gubeng–Yogyakarta.
- Mutiara Timur yang melayani rute Surabaya Gubeng–Banyuwangi hingga Denpasar, Bali menggunakan bus dari Banyuwangi.
- Lodaya yang melayani rute Bandung-Solo Balapan.
- Malabar yang malayani rute Bandung-Malang.
- Gumarang yang melayani rute Jakarta Kota–Surabaya Pasar Turi.
- Harina yang melayani rute Bandung-Semarang Tawang.
- Rajawali yang melayani rute Semarang Tawang-Surabaya Pasar Turi.
- Argo Parahyangan yang melayani rute Gambir-Bandung.
- Purwojaya yang melayani rute Gambir-Cilacap
- Malioboro Ekspres yang melayani rute Malang–Yogyakarta.
- Sawunggalih Utama yang melayani rute Pasar Senen–Kutoarjo.
Kelas ekonomi
Dalam rangka pemerataan pelayanan kepada semua lapisan masyarakat, selain mengoperasikan sejumlah kereta api komersial yang berfungsi sebagai subsidi silang pada pelayanan kereta api kelas ekonomi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga mengoperasikan sejumlah rangkaian kereta api kelas ekonomi unggulan, yaitu:
![]() |
Kereta kelas Ekonomi. |
![]() |
Kereta kelas Ekonomi AC. |
- Pasundan yang melayani rute Kiaracondong-Surabaya Gubeng
- Tegal Arum yang melayani rute Jakarta Kota-Tegal
- Brantas yang melayani rute Tanah Abang–Kediri
- Logawa yang melayani rute Purwokerto–Jember
- Sri Tanjung yang melayani rute Banyuwangi–Lempuyangan.
- Tawang Alun yang melayani rute Malang-Banyuwangi.
- Bengawan yang melayani rute Tanah Abang–Solo.
- Progo yang melayani rute Pasar Senen–Lempuyangan.
- Serayu yang melayani rute Jakarta Kota-Kroya
- Kereta api Kutojaya Utara yang melayani rute Tanah Abang-Kutoarjo
- Kereta api Kutojaya Selatan yang melayani rute Kiaracondong-Kutoarjo
- Kereta api Kertajaya yang melayani rute Tanjung Priok-Surabaya Pasar Turi
- Kereta api Kahuripan yang melayani rute Padalarang-Kediri
- Kereta api Gaya Baru Malam Selatan yang melayani rute Jakarta Kota-Surabaya Gubeng
- Kereta api Majapahit yang melayani rute Stasiun Pasar Senen-Semarang Tawang-Stasiun Malang
- Menoreh yang melayani rute Pasar Senen–Semarang.
- Kereta api Bogowonto yang melayani rute Pasar Senen–Kutoarjo-Yogyakarta.
- Gajah Wong yang melayani rute Pasar Senen–Yogyakarta.
- Kereta api Krakatau yang melayani rute Merak–Pasar Senen-Madiun.
Komuter
![]() |
TM 7000 Passing Gambir Station |
Di Indonesia, jaringan komuter masih menjadi satu dengan kereta api jarak jauh, bahkan kebanyakan rangkaian kereta apinya juga diambil dari bekas kereta api jarak jauh. Walaupun demikian, pemerintah saat ini sedang mempersiapkan pembangunan jaringan kereta api komuter yang lebih canggih, seperti monorel, kereta bawah tanah, maupun Mass Rapid Transit (MRT) yang rencananya akan dibangun di Jakarta dan Surabaya.
Komuter umumnya dilayani oleh rangkaian kereta api ekonomi, tetapi beberapa sudah ada yang dilayani oleh kereta kelas bisnis bahkan kelas eksekutif, seperti kereta api Pakuan jurusan Jakarta- Bogor. Jalur-jalur kereta komuter yang ada di Indonesia antara lain:
- KRL Jabotabek/Commuter Line, merupakan jalur komuter tertua di Indonesia yang melingkupi daerah Jakarta Raya, melayani para penglaju dari Jakarta ke Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, termasuk jalur cabang ke Serpong.
Kelas lokomotif diesel PT Kereta Api Indonesia (Persero)
Loko Diesel Elektrik- BB200 (EMD G8)
- BB201 (EMD G12)
- BB202 (EMD G18)
- BB203 (GE U18B)
- BB204
- CC200 (ALCO GE UM106T)
- CC201 (GE U18C)
- CC202 (EMD G26)
- CC203 (GE U20C)
- CC204 (GE C18Mmi dan GE C20EMP)
- CC205 (EMD GT38AC)
- CC206 (GE CM20EMP)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar